Sunday 21 February 2016

Tugas Tkj kelas X


Tugas TKJ

1. Jelaskan bagaimana cara mengatasi printar hasil cetakannya bergaris atau tidak baik?
Jawab: Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer
Masalah yang umum terjadi biasanya printer menghasilkan cetakan yang bergaris karena adanya sumbatan yang menghalangi tinta keluar dengan lancar dari cartridge. Untuk itu cara mengatasi masalah tersebut tentu dengan membersihkan cartridge yang tersumbat baik itu yang warna maupun yang hitam. Untuk membersihkan cartridge yang tersumbat kita dapat melakukan beberapa cara yaitu sebagai berikut:
1. Melakukan cleaning dan deep cleaning
2. Membersihkan Cartridge dengan cairan pembersih tinta
3. Merendam bagian ujung cartridge dengan air hangat
Cara yang pertama dapat kita lakukan dari menu properties pada printer yang kita miliki. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengatasi masalah hasil cetak bergaris dengan catatan kerusakan atau sumbatan yang ada belum teralu parah.
Selain melakukan cleaning dan juga deep cleaning kita juga dapat menggunakan cara yang lebih ekstreem yaitu dengan merendam ujung cartridge - tempat keluar tinta - dengan air hangat dalam beberapa menit. Langkah ini dimaksudkan untuk membuat tinta yang menyumbat bisa cair dan ikut keluar bersama air rendaman tersebut. Sebagai catatan, cara yang satu ini tidak dianjurkan sama sekali bagi kita pengguna umum yang belum terbiasa karena cara ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada cartridge printer kita.
Kalau dua cara di atas tidak dapat dilakukan maka kita bisa juga menggunakan cara ketiga. Cara ini yaitu dengan membersihkan cartridge yang tersumbat menggunakan cairan pembersih. Untuk langkah ini kita memerlukan cairan pembersih dan juga penyedot tinta.
Itulah tadi sedikit gambaran mengenai bagaimana cara yang mudah untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer yang kita gunakan. Pada beberapa kasus, cara ini efektif untuk mengatasi masalah yang terjadi namun ada juga kasus cetakan bergaris yang tidak dapat di atasi dengan menggunakan cara-cara di atas .

2. Jelaskan bagaimana cara mengatasi monitor LED yang rusak pada rangakian power supplay?
Jawab:
Komponen yang umum mengalami kerusakan :
Rangkaian power regulator / power supply
Rangkaian inverter
Mainboard
Layar LCD ( LCD panel screen )
Adaptor ( untuk LCD / LED yang menggunakan adaptor )

3. Bagaimana solusi untuk mengatasi pendingin prosessor yang buruk?
Jawab: Meningkatkan tingkat pendinginan prosesor Anda. Beberapa cara yang khas untuk melakukan hal ini termasuk menggunakan kipas pendingin jika Anda tidak sebelumnya, menggunakan kipas yang lebih kuat, atau menggunakan heat sink yang lebih besar. Anda dapat dalam beberapa kasus juga menginstal kipas tambahan dalam kasus yang berhembus pada prosesor, tetapi ini biasanya berlebihan.

4. Apa yang dilakukan jika menjumpai batety laptop yang drop?
Jawab:Cara memperbaiki baterai dan mengembalikan daya baterai laptop yang cepat habis (ngedrop)
Baterai laptop atau notebook yang sudah terlanjur ngedro dan cepat habis bahkan laptop akan mati tidak lebih dari lima menit ketika charger dilepas, sebenarnya masih bisa diperbaiki dan dikembalikan kemampuan daya baterainya walaupun tidak 100%.
Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaiki baterai laptop yang ngedrop dan cepat habis;
a.    Dengan cara melakukan kalibrasi pada baterai laptop atau notebook
-    Gunakan laptop seperti biasanya untuk mengerjakan hal-hal ringan dan sewajarnya
-    Tutuplah semua pekerjaan dan seluruh aplikasi ketika kondisi baterai tinggal 5-10%
-    Diamkanlah laptop atau notebook dan biarkan laptop mati dengan sendirinya
-    Setelah laptop mati, lakukan pengisian laptop (charger) masih dalam kondisi laptop yang mati tersebut sampai terisi penuh 100% (muncul warna biru)
-    Kemudian hidupkan laptop seperti biasa
-    Selesai, baterai laptop berhasil di kalibrasi.
b.    Dengan cara memasukkan baterai laptop pada kulkas atau lemari es
-    Bungkaslah baterai laptop dengan plastik yang rapat (air tidak masuk), sebelum melakukan langkah ini pastikan suhu baterai dalam keadaan normal
-    Simpanlah baterai yang telah dibungkus plastik tadi ke dalam freezer (lemari es) pada suhu medium hingga maksimum. Diamkan baterai di dalamnya dalam waktu satu samapi tiga hari. Semakin besar kapasitas baterai maka akan membutuhkan waktu lebih lama.
-    Keluarkan baterai dan diamkan sampai kering atau bersihkan baterai dengan tisu atau kain lap sampai baterai benar-benar talah kering.
-    Tunggu sampai suhunya normat (tidak dingin lagi) dan pasangkan kembali baterai tersebut pada laptop atau notebook
-    Lakukan pengisian baterai (charger) dalam keadaan laptop mati (off). Lakukan pengisian sampai baterai benar-benar full (100%) ditandai dengan munculnya lampu warna biru. Ulangi pengisian ini sampai tiga kali sekedar untuk memastikan bahwa cell-cell dalam baterai telah terisi secara maksimal dan penuh.
Demikian tips jitu merawat dan memperbaiki baterai laptop yang ngedrop dan cepat habis, semoga bermanfaat.

5. Bagaimana cara instalasi Driver hardware yang baru di pasang dikomputer atau pada computer yang baru saja di instal sistem operasinya?
Jawab: Dalam beberapa kasus pada OS tertentu beberapa driver tidak usah di instal karena peralatan telah plug and play atau langsung bisa dikenali oleh OS. Akan tetapi jika tidak maka Anda harus meninstal driver sendiri. Inilah tips komputer mudah cara instal driver laptop, komputer atau netbook pada windows 7.
1. Cek terlebih dahulu hardware yang belum terinstal driver dengan cara masuk start > klik kanan Computer > pilih properties > muncul jendela system > pilih device manager.
2. Perhatikan apakah ada hadware yang belum terinstal driver? Jika ada silakan masukkan CD driver Anda dalam DVDROm komputer atau laptop, misal VGA card belum terinstal.
3. Carilah folder VGA pada CD driver Anda melalui windows explorer.
4. Carilah file dengan nama setup.exe atau file dengan ekstensi .exe (application).
5. Klik dua kali file tersebut, ikuti langkah-langkah selanjutnya dengan klik next dan next sampai terjadi proses instalasi.
6. Setelah selesai biasanya komputer atau laptop minta untuk di restart, restart saja. Lakukan instalasi driver selanjutnya.
Trima kasih . Jangan lupa Baca juga SISTEM OPERASI BERBASIS GUI & CLI

No comments:

Post a Comment